-->
no fucking license
Bookmark

Dua Garis Lurus Sejajar dan Berpotongan dengan Garis Transversal

Dua Garis Lurus Sejajar dan Berpotongan dengan Garis Transversal

1. Dua Garis Lurus Sejajar

Dua garis lurus dikatakan sejajar jika kedua garis tersebut tidak pernah bertemu, meskipun diperpanjang hingga tak terhingga. Berikut beberapa sifat garis lurus sejajar:Sudut yang dibentuk oleh garis transversal pada setiap garis lurus sama besar.
  • Sudut-sudut yang berseberangan dalam jumlahnya 180 derajat.
  • Sudut-sudut yang berseberangan luar jumlahnya 180 derajat.

2. Garis Transversal

Garis transversal adalah garis yang memotong dua garis lurus lain.

3. Sudut-Sudut yang Terbentuk

Ketika dua garis lurus yang sejajar dipotong oleh garis transversal, maka akan terbentuk beberapa sudut, yaitu:Sudut sehadap: Sudut yang terletak pada dua garis lurus yang sejajar dan berada di posisi yang sama, misal sudut A dan C pada gambar berikut.

  • Sudut bertolak belakang: Sudut yang terletak pada dua garis lurus yang sejajar dan saling berhadapan, misal sudut A dan D pada gambar berikut.
  • Sudut dalam berseberangan: Sudut yang terletak pada dua garis lurus yang sejajar dan berada di dalam, misal sudut A dan B pada gambar berikut.
  • Sudut luar berseberangan: Sudut yang terletak pada dua garis lurus yang sejajar dan berada di luar, misal sudut B dan C pada gambar berikut.

4. Menggambar Dua Garis Lurus Sejajar dan Berpotongan dengan Garis Transversal

Berikut langkah-langkah menggambar dua garis lurus yang sejajar dan berpotongan dengan garis transversal:Gambarlah garis lurus pertama.
  • Buatlah garis lurus kedua yang tidak pernah bertemu dengan garis lurus pertama, meskipun diperpanjang hingga tak terhingga.
  • Gambarlah garis transversal yang memotong kedua garis lurus tersebut.

Kesimpulan:

Dua garis lurus yang sejajar dan berpotongan dengan garis transversal memiliki beberapa sifat sudut yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah. Memahami konsep dan sifat-sifat ini penting untuk membantu siswa dalam mempelajari geometri dan menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan garis lurus dan sudut.

Catatan:Rangkuman ini hanya memuat materi dasar tentang dua garis lurus yang sejajar dan berpotongan dengan garis transversal.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang materi ini
Post a Comment

Post a Comment

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan